Mau Nabung DP Rumah? Ini Daftar Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa

18 August 2017

Jika Anda masih kuliah, tak ada salahnya mencoba beberapa pekerjaan freelance untuk menambah pengalaman, seperti pekerjaan ini.


Perkembangan zaman memunculkan banyak bidang pekerjaan baru, sementara perkembangan teknologi mempermudah manusia untuk bekerja tanpa harus datang ke kantor.

Perkembangan teknologi, terutama yang terkait dengan teknologi telekomunikasi dan informasi, membuat  sejumlah perusahaan tidak mengharuskan karyawannya untuk datang ke kantor setiap hari. Bahkan, beberapa di antaranya mempekerjakan pekerja lepas yang sama sekali tak perlu datang ke kantor.

So, jika Anda masih kuliah, tak ada salahnya mencoba beberapa pekerjaan freelance untuk menambah pengalaman, seperti pekerjaan ini.


Social media officer

Jika hobi mengisi media sosial Anda dengan berbagai hal seru dan ternyata mendatangkan banyak like, kenapa tak mencoba melamar sebagai admin media sosial di agency digital?

Biasanya tugas Anda adalah menyiapkan konten yang akan diposting melalui media sosial lalu menjadwalkan konten tersebut setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan di mana pun, kan.


Freelance writer

Ada beberapa website yang menyediakan penempatan pekerja freelance, terutama yang ingin menjadi penulis. Anda cukup menuliskan data diri secara lengkap, memberikan portofolio, dan mengikuti tes internal yang dilakukan website tersebut.

Tuga penulis lepas adalah membuat artikel, mengisi konten website, atau membuatkan konten media sosial untuk perusahaan yang memperkerjakan jasa penulis itu.


Influencer

Coba, deh, lebih rajin mengisi media sosial Anda, termasuk membuat vlog lucu di YouTube atau Instagram. Bila Anda suka traveling, buatlah blog dengan foto-foto keren dan cerita perjalanan yang menarik.

Semakin banyak follower yang menyukai konten Anda, mungkin saja ada brand tertentu yang akan mengendorse Anda. Sekadar membuat video, foto, atau konten lainnya tentunya tak harus dilakukan full time, kan.


Desainer grafis dan editor video

 Bagi Anda mahasiswa desain grafis maupun audio-visual, Anda bisa mengasah pelajaran dengan menjadi desainer grafis atau editor video.

Kenalkan desain Anda di media sosial karena kini tak sedikit e-commerce yang membutuhkan desainer kreatif untuk membuat tampilan aplikasi dan websitenya lebih menarik. Bila kemampuan Anda mengedit video, Anda bisa mengajukan lamaran ke media online dan TV juga, kan.


Penerjemah dan proofreader

Anda yang menjalani kuliah di bidang linguistik dan komunikasi, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas alumni.

Mereka yang bekerja di agensi iklan selalu membutuhkan penerjemah dan editor bahasa untuk mengedit konten iklan atau proposal presentasi mereka yang akan diberikan kepada klien.


Tour guide

Meningkatnya biaya hidup dan adanya krisis ekonomi di beberapa negara maju membuat Indonesia yang biaya hidupnya dipandang tak terlalu mahal menjadi tujuan wisata turis asing. Dan percayalah, tak sedikit di antara mereka yang lebih tertarik dengan wisata sosial dibandingkan hanya sekadar liburan mewah.

Cobalah Anda menjadi pemandu wisata mereka dan tunjukkan wisata budaya yang menarik di sekitar tempat tinggal Anda.

Semakin dini Anda memiliki  penghasilan sendiri dan mulai menabung, semakin cepat Anda siap untuk hidup mandiri. Anda bisa menggunakan tabungan untuk uang muka rumah sehingga Anda tak terlalu bingung lagi saat tiba waktunya berkeluarga.


(Source: http://www.rumah.com/berita-properti/2017/8/158171/ini-pekerjaan-freelance-yang-bisa-dilakukan-mahasiswa ; 18 Agustus 2017)