Beli Mobil Atau Rumah Merupakan Proses Pendewasaan Finansial

06 December 2016


Pendewasaan finansial

RumahCom – Ada banyak fase dalam kehidupan pria yang harus dilewati. Sebut saja mulai dari melewati masa puber dengan terjadinya perubahan pada tubuh, melalui masa-masa sekolah yang harus menghadapi para senior, lulus dari bangku kuliah dengan pujian, hingga mencari pekerjaan dan mencari yang lebih baik lagi.

Membina keluarga? Tentu adalah salah satu tujuan yang akan dilewati juga. Tapi ada satu fase yang juga harus dilewati setiap pria jika ia ingin dicap sebagai seorang laki-laki sejati, yakni membeli mobil dan rumah pertamanya.

Untuk kebanyakan pria, menabung agar bisa membeli mobil dan rumah secara kontan tentu bukanlah pilihan yang mudah. Apalagi dengan harga mobil yang saat ini meskipun sudah dilabeli murah, tetap saja harganya di atas Rp 100 juta.


Belum lagi jika harus membeli rumah yang harganya malah dua kali lipat harga mobil. Itupun rumah dengan nama panjang Rumah Sangat Sederhana Sekali (RSSS) atau bahkan rumah subsidi.

Artinya, mencicil adalah pilihan paling logis. Pun dengan pilihan mencicil ada uang muka yang harus dibayarkan. Jumlahnya saat ini mulai Rp 10 hingga 30 jutaan. Dan menabung dalam jumlah tersebut biasanya akan butuh waktu 6-12 bulan dengan asumsi gaji perbulannya Rp 5 juta dengan kemampuan menabung 1-2 juta perbulan.

Dengan asumsi ini, tentu membeli mobil bukanlah mimpi yang tak mungkin terwujud, kan?! Toh, menabung Rp 1 juta perbulan bukanlah jumlah yang memberatkan. Dengan penyesuaian gaya hidup, maka menyisihkan sekitar Rp 35 ribu perhari rasanya bisa ditebus dengan mengubah menu makanan. Baru setelah itu Anda akan menyisihkan uang perbulannya untuk membayar cicilan.

Nah, memikirkan cara pembayarannya adalah langkah selanjutnya. Dan berikut yang tak kalah pentingnya dan yang perlu Anda perhitungkan adalah jangan sampai lalai melakukan perawatan.

Baik mobil maupun rumah, keduanya memang butuh perawatan secara berkala. Dan di era ekonomi seperti saat ini, yang namanya perawatan, apalagi mobil dan rumah, jelas membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Rata-rata mobil membutuhkan biaya perawatan sekitar Rp 400 ribu hingga 1 juta setiap beberapa bulan sekali. Begitupun rumah. Ada biaya perawatan yang perlu Anda keluarkan tiap bulannya. Mulai dari keamanan, kebersihan, hingga biaya perbaikan jika terjadi kerusakan.

Di luar biaya perawatan, ada pula biaya lain yang perlu diperhitungkan yakni biaya penggunaan. Untuk mobil, biasanya ada uang yang harus disisihkan untuk membeli bahan bakar minyak (BBM), tol, parkir, dan sebagainya. Sedangkan untuk rumah, Anda harus membayar listrik, PAM, gas, dan lain-lainnya.

Tentu biaya yang kami sebut di atas hanyalah biaya-biaya primer yang harus Anda sisihkan ketika sudah memiliki dua hal tersebut. Tapi itu baru sekadar memiliki. Artinya, benda yang Anda beli, baik itu rumah maupun mobil masih harus dipercantik ataupun dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Dan mengingat banyaknya biaya yang harus dikeluarkan, tentu akhirnya kita harus berpikir cermat dan perlu menimbang-nimbang sangat panjang untuk memiliki dua benda ini. Namun untungnya, fase ini bukan saja melatih Anda untuk mampu bersikap dewasa sebagai seorang pria, namun sekaligus dewasa mengatur finansial.

Foto: Oto.com

(Source: http://www.rumah.com/berita-properti/2016/12/141919/beli-mobil-atau-rumah-merupakan-proses-pendewasaan-finansial ; 6 Desember 2016)