Lokasi Rumah Strategis? Manfaatkan untuk Usaha!

29 October 2016

 Setelah bingung menentukan jenis investasi yang Anda inginkan, Anda pun terpikir untuk membuka tempat usaha—seperti resto—di rumah.

Apalagi melihat rumah Anda berada di pinggir jalan umum yang besar dan sekelilingnya sudah banyak dijadikan tempat usaha.

Rasanya sayang jika Anda tidak menggunakannya sebagai lahan bisnis. Jika Anda ingin usaha tersebut berjalan sukses, ini langkahnya.

Mengurus IMB agar usaha Anda tidak dianggap ilegal atau tanpa izin. Lalu perhatikan luas rumah Anda, sesuaikan luas resto yang ingin Anda dirikan dengan luas rumah. Pokoknya jangan sampai Anda mengambil lahan jalan umum.

Bedakan antara rumah untuk usaha dengan rumah yang Anda tempati. Tujuannya agar tidak mengganggu aktivitas pribadi di dalam rumah. Pilih area yang bebas dari aktivitas rumah, misalnya di pojok lahan yang lebih berdekatan dengan jalan.

Punya lahan parkir. Meski resto yang Anda dirikan tak terlalu luas, sebaiknya memiliki lahan parkir, minimal bisa digunakan untuk parkir motor. Pasalnya, konsumen akan kecewa dan membatalkan keinginannya untuk datang ke resto Anda jika area parkirnya tidak ada. Bila sasaran konsumen Anda adalah anak kos dan usia muda, lahan parkir adalah hal wajib.

Jika memungkinkan tambahkan halaman kecil sebagai ruang terbuka hijau. Tujuannya agar konsumen tetap nyaman selama berada di resto mungil Anda. Kadang ruang usaha juga perlu dilengkapi dengan kamar mandi yang terjaga kebersihannya. Kamar mandi juga berguna jika nantinya Anda memiliki karyawan yang menjaga usaha Anda tersebut.

Perhatikan sanitasinya. jangan akibat Anda merasa area usaha masih sempit lalu menutup bagian selokan dengan beton atau merusak saluran air. Selokan dapat Anda tutup dengan besi berlubang yang masih bisa dilewati kendaraan. Lagipula Anda pun tetap membutuhkan saluran air yang lancar di sekitar tempat usaha Anda.

Cek jenis usaha yang ada di sekitar tempat Anda. Bila memang sudah ada resto serupa, sebaiknya Anda memilih usaha lainnya. Usaha resto rumahan akan  lebih laku jika berada di dekat kosan, klinik dokter, dan bengkel mobil bersih.



Source: http://www.rumah.com/berita-properti/2016/10/139384/lokasi-rumah-strategis-manfaatkan-untuk-usaha ; 29 Oktober 2016